About

Pupuk Hayati Ramah Lingkungan, Menghemat Pupuk Kimia Hingga 50% Formula Terbaru hasil rekayasa Bio Teknologi Modern.

Facebook

Analisis Uji Mutu : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian – Bogor

TIENS GOLDEN HARVEST berbahan aktif Mikroba Indegenous asli Indonesia ramah lingkungan (tidak mengandung logam berat As, Pb, Hg, Cd dan Mikroba Patogen, Salmonella SP) telah dipersiapkan serta dirancang untuk pembangunan dunia pertanian yang berkelanjutan dengan teknologi AGPI.

Bahwa perpaduan TIENS GOLDEN HARVES dengan pupuk kimia akan selalu dicari dan dibutuhkan petani karena sudah terbukti dan teruji (menjadikan produktivitas tinggi dan ramah lingkungan).

Kandungan TIENS GOLDEN HARVEST :
Azatobacter sp 2,0 x 107 – 105 sel/ml
Mikroba pelarut fosfat 3,0 x 107 – 105 sel/ml
Azospirillum sp 2,3 x 108 – 105 sel/ml
Mikroba Pendegradasi Selulose 3,5 x 107 – 104 sel/ml
Lactobacillus sp 1,5 x 104 – 103 sel/ml
Pseudomonas sp 1,7 x 106 – 104 sel/ml
P=34,70 ppm; K=1700 ppm C Organik=0,92%; N=0,04% FE=44,3ppm; Mn=0,23 ppm Cu 0,85 ppm Zn=3,7 ppm

Keuntungan Menggunakan TIENS Golden Harvest
1. Hasil Panen akan meningkat 20% s/d 50% dari biasanya (menjadi optimal)
2. Penggunaan pupuk kimia lebih hemat 50% dari biasanya
3. Mampu menguraikan pestisida (residu s/d 50%) dan mengurangi tumbuhnya gulma

TGH untuk Padi

Testimoni

Testimoni TGH

Untuk Perhatikan

1. Penggunaan TIENS Golden Harvest jangan dicampur dengan pestisida / pupuk kimia
2. Pemakaian TIENS Golden Harvest tidak boleh bersamaan dengan pupuk kimia, beri tenggang waktu 2 s/d 5 hari.
3. TIENS Golden Harvest diberikan lebih dahulu 3 s/d 5 hari sebelum pupuk kimia ditaburkan.

Harga Distributor Rp. 90.000/liter (PV/BV 50%)
Harga Konsumen Rp. 103.500,-/liter
Kemasan : Plastik Warna Putih
Ukuran : 1 liter
Isi : Warna Coklat (Harum Anggur)

Kemasan TGH

Testimoni TGH

Informasi lain yang berhubungan :

ORDER NOW / PESAN SEKARANG

155 Tanggapan so far »

  1. 1

    doni said,

    perkenalkan nama saya doni dari lahat sumatera selatan, saya mau beli golden harvest tapi saya tidak tahu alamat sticis ditempat saya

    • 2

      Ya pak Doni, saya masalah pengiriman yang jadi kendala, kalau ngak salah sudah pernah dibicarakan via sms pak ya, mudah-mudahan sabtu depan saya bisa survey dan saya balas lagi emailnya, mohon diingatkan ya pak

  2. 3

    mawardi said,

    Alhamdulillah pupuk cair hayati TGH dapat meningkatkan produktivitas petani, sayangnya TGH saat sulit di dapat, Namun kami menyakinkan anda semua bahwa TGH akan beredar kembali di tengah anda , lewat networking lainnya kami pastikan anda dapat menjumpainya. kami salah satu distributor pupuk TGH ini. Silahkan hubungi kami. Demikian informasi ini dapat kami sampaikan. terima kasih

  3. 4

    Heri Gunawan said,

    Pak saya Heri Gunawan Distributor Tien Di aceh tengah saya mau tanya pak ada kaset dvd atau pentunjuk untuk cara2 Penggunaan Pupuk TGH untuk di aplikasikan ke petani saya pak..tlng info nya pak lewat sms aja pa 087747557435…trim ksih..

  4. 6

    sudarsono said,

    klau ingin jadi distributor gimana caranya ya pak, supaya bisa pasarkan tiens goldent harvest didaerah saya di NTT tolang kirim jawaban ke email saya : darsonokoe1979@yahoo.co.id trimakasih

    • 7

      silahkan pak Darsonokoe, langsung daftar saja, min pembelian 1 lusin pak, akan kami kirimkan langsung ke alamat bapak

      • 8

        krishnaku said,

        Kl mau pesan gikana pak…
        Saya termasuk Pecinta puouk TGH TIENS.Nam6n di kota Medan mereka tidak mengeluarkannya lagi,saya sangat sedih & kesal sekalil

      • 9

        Selamat pagi,

        Mohon maaf saya baru bisa balas emailnya, karena terlewat,
        Namanya sekarang Fengshow, bisa saya kirim dari Pekanbaru, diambil
        diloket PMH Amplas, apakah bersedia? 1 liter @ 103.500,-
        Belum termasuk ongkos kirim

        Minimal Pembelian 12 liter, silahkan sms ke 0857 678 07007

        Demikian, salam
        Eric

  5. 10

    sri ifariani said,

    mau nanya,, kalu menggunakan EM4 yang udah kadaluarsa,, apa pengaruhnya kpd tanah dan tanaman? terimakasih

  6. 12

    Taslan Aja said,

    mau tanya klountuk penyubur daun jenisnya apa dan untuk buah jenisnya apa ? trimakasih tiens

    • 13

      Sebenarnya menurut saya sih dengan menggunakan 50% urea akan membantu penyuburan daun, karena pupuk hayati juga akan membantu dari penyuburan tanah. Sementara untuk buah tidak begitu paham karena memang kebetulan sekali pupuk tgh hanya untuk tanah saja.

  7. 14

    bobby dermahwan said,

    ada lagi gak pupuk TGH dipasaran ?

  8. 18

    Wayan edi said,

    Saya akui mutu tianshi,para petani dtempat saya mengeluhkan harganya terlalu tinggi,

    • 19

      terimakasih pak atas penghargaannya buat mutunya, tetapi akan lebih dengan hasil yang didapatkan pak. Hari ini saya bertemu dengan pelanggan baru pupuk ini dimana selama ini sudah digunakan, tetapi karena akhir2 ini kesulitan mendapatkan pupuknya maka beliau menghubungi saya.

      Penanaman untuk Cabe yang menggunakan TGH panen lebih cepat dan lebih bagus, setelah panen yang ke 5 baru cabe yang tidak menggunakan TGH panen dengan jenis buah yang sama. Saya tidak heran justru karena sampai detail itu beliau bercerita, tetapi beliau hanya pengguna bukan Distributor atau penjual. Jika ingin berkomunikasi dengan beliau silahkan minta by sms ke saya. jadi hasilnya melimpah bro…

      Juga sudah digunakan untuk sawit dengan hasil yang melimpah, buahnya besar – besar walapun tidak semua, hampir bisa dikatakan bahwa hasil sawitnya tidak ada buah pasir karena besar2. Wilayah penanaman daerah Siak – Prov. Riau.

  9. 22

    lucky said,

    mw tanya pak gimana cara pesannya?

  10. 24

    rusdi said,

    apakah TGH bisa dgunakan ntuk pupuk dasar Tanaman keras?sperti gaharu/jati dll

  11. 27

    intan said,

    Saya mau tau info lebih lanjut tentang pupuk ini,

  12. 29

    farelbae said,

    memang mantap TGH,,saya sudah mencobanya..di tunggu kunjungannya yaa
    Zaenal mutakin

    http://www.internetsukses8.tk

  13. 30

    Engky Punk said,

    mat siang pa
    1. aku pingin tau apa kegunaan ataun manfaat dari pupuk TGH terhadap produksi jagung manis,
    aku mohon penjelasanya
    2. apa ada buku tentang pupuk TGH ini
    aku tunggu balasanya pak

  14. 32

    Engky Punk said,

    mat siang pa
    saya pingin tau apa pengaruh atau manfaat pupuk TGH terhadap produksi jagung pa, mohon bantuan atas penjeslax pa

  15. 34

    fendy said,

    pgi pak erianto sy ingin tau untuk penggunaan pupuk fengsho utk tnman kelapa yg sy tnyakan wktu itu..?bagai mana caranya untuk penggunaan pupuknya apakah bisa dgn cara infus kl bisa gi mn crnya pak..,dan slin itu yg lbh maksimal cara pemupukanya gimana pak apakah di sempropt di akarnya..?sy uji cobanya satu pohon dulu pak..,butu berapa liter itu y pak 1 liter apakah da cukup pak dan nampak hasilnya berapa minggu pak..?

    • 35

      Mohon maaf pak Fendy, atas keterlabatan saya merepon pertanyaannya, ternyata terlwatkan karna banyaknya pertanyaan yang harus dijawab, termasuk untuk pupuk baru yang sudah gencar juga dipasaran yaitu feng shou.

      Untuk penggunaan terhadap kelapa barang kali hampir sama dengan kelapa sawit ya pak. Sebaiknya gunakan 5 tutup botol per 1 tangki uk. 10liter air saja pak.
      Buat lobang 4 buah dengan arah penjuru mata angin kemudian semprotkan 2-3 semprot kedalam lobang tersebut. Ujung semprotannya atau Puzzlenya dilepas saja jadi tidak berbentu siraman.

      Saya tidak bisa pastikan apakah langsung Joss, tentunya semua butuh proses pak.

  16. 36

    eka said,

    kalo untuk ikan bisa ga pak…jelaskan kegunaannya serta cara pemakaiannya unruk ikan.trims

  17. 39

    slamet said,

    kalau buat jamur merang apakah bisa menaikkan hasil produksinya serta apakah aman. karena keamanan consumen adalah yang utama.

    • 40

      dear pak Slamet

      Kalau untuk menaikkan memang itu tujuan kita dan untuk lebih baik, serta aman untuk dikonsumsi.
      Hanya saja kami tidak bisa menjamin apakah akan langsung meningkat, itu akan bisa setelah kita buktikan. Kami sangat menyarankan untuk mencoba sebahagian dari lahannya tetapi yang pasti tidak akan merusak.

  18. 41

    heri hasmana said,

    slmt pagi pak eric, saya heri dari cianjur mo tanya &bantuan urgent :
    1.minta alamat yg paling dekat dari cianjur jabar yg bisa saya hubungi mengenai TGH/distributor terdekat
    2.minta petunjuk pemakaian untuk tanaman lada
    3.kalo memungkinkan saya mo ikut mlm/jadi distributor, bagaimana caranya?

    tolong balas secepatnya ya pak, trima kasih banyak

    • 42

      ya pak Heri,
      1. ditributor dicianjur ya pak, nanti saya smskan ya pak.
      2. untuk lada ya pak, sama dengan tanaman keras lainnya seperti karet, sawit dll
      3. langsung pak dafar online disini

    • 43

      arief said,

      malam pak,kami menawarkan utk jadi agen pupuk bioorganik dr sido muncul,produk sgt bersaing harga distributornya 62.500 harga jual 75.000,- terbukti dan bisa dibuktikan .syarat sgt mudah hasilnya tdk kalah dg TGH.karena saya dulu agen TGH,hasilnya beda jauh pak. call 085271556708. mr. arief

  19. 45

    putra utama said,

    slamat pagi pak. sya mau tanya. pupuk hayati Fheng Shou harga D & K brapa pak?
    dan BV nya juga kalo boleh tahu berapa.

  20. 48

    audi yuandrianto said,

    saya tanya di stokis katanya TGH sudah tidak ada diganti dengan Feng shou, kalau dikantor cabang saya kurang tahu soalnya saya tidak tahu alamat kantor cabang yang ada di Banyuwangi, kalau ada mohon informasi alamat kantor cabang, apa perbedaaan antara TGH dengan Feng Shou pak? sekarang saya lagi mencoba Feng Shou di tanaman cabai saya, soalnya saya mencari TGH dibeberapa stokis nggak dapat jadi terpaksa menggunakan Feng Shou

    • 49

      oh gitu ya…
      sebenarnya kalau menggunakan Fheng Show juga tidak masalah, hampir sama kok fungsinya hanya saja produksinya / pabriknya berbeda, dan karena banyaknya sekarang pupuk hayati sehingga lebih murah dari TGH.

      tetapi kalau memang harus tgh, kami bisa mengirimnya tapi ada biaya ongkos kirim pak.

      trims

  21. 50

    audi yuandrianto said,

    pak, stok TGH di banyuwangi kosong semua dimana saya bisa mendapatkannnya lagi? saya pengguna TGH untuk tanaman cabai

    • 51

      wah berarti disana ngak mencukupi stock ya? itu harus ditambah mestinya, udah ditanya kantor cabang atau stokis2? kami sih bisa kirim pak, tetapi ada ongkos kirim dari Pekanbaru, disini banyak terus

  22. 52

    ObatAlami said,

    Saya senang dengan adanya produk2 baru di tianshi….
    Saya berharap tianshi akan tetap berdiri kokoh sampai kapan pun.

    Salam sukses

  23. 57

    pupuk organik : petani di klaten Kecamatan Ceper, membuktikan dgn pupuk organik dpt menyelamatkan padi dr serangan wereng.

  24. 59

    Sunanto Gian said,

    Siang Pak Eric saya Sunanto di Nganjuk Jatim pengguna pemula TGH pada tanaman bawang merah usia 1bulan hasilnya lumayan bagus apakah TGH bisa mencegah penyakit moler/mboler karena disini banyak yang kena penyakit tersebut..sebelumnya terimakasih

  25. 60

    pak TGH memang betul-betul meningkatkan hasil panen

  26. 61

    emhi said,

    salam kenal pak…saya emhi mau tanya selama ini saya cuman kenal TGH lewat mulut kemulut,,tapi dari saya pribadi blm pernah melihat secara langsung,,dan bagi yang sudah menjadi anggota ya bisa dikatakan mereka sukses dengan memasarkan pruduk tersebut.

    bagaimana sih struktur dari pemasaran barang tersebut,,dan cara2 pendaftarannya….takut ada pihak yang tidak jelas,,,mo0hon infonya,,,

    thanks…..!!!

  27. 63

    iwan said,

    pak kalo stockist kosong dimana- mana bagaimana pak di semarang sekitarnya untuk TGH kosong terus hampir Tiga bulan ini ,kalo ada cuman beberapa dos saja ,bagaimana ini pak ?kalo begini saya harus menghubungi siapa ?soalnya saya termasuk salah satu Distr Tien dan para petani tanya terus kepada saya dan saya bingung harus jawab apa soal stok TGH ………………….trimakasih…………………….

  28. 66

    suranto said,

    pak saya suranto driver rental yg pgn seperti bpk distributor tiens golden harvest
    bagaimana cara dlm meyakinkan petani kita kn perlu menjelasan kepetani?
    1.apa kita harus membuktikan dulu kepetani dgn cara memberikan pupuk dgn
    cuma-cuma
    2.atau kita cukup menjelaskan dgn materi aja?
    maklum baru 4 april 2010 jd anggota
    Terimakasih…….

  29. 67

    Rubino said,

    Salam Sejahtera buat semuanya.
    Mas, saya pengguna pupuk TGH untuk tanaman padi dan Cacao. Ada satu permasalahan yaitu
    ” Untuk Tanaman Padi, Aplikasi TGH yang pertama dilakukan kira2 1 minggu atau 3 hari sebelum bibit ditanam.Karena didaerah saya sawahnya banyak keong mas, maka pada saat tanam padi atau satu hari sebelumnya,sawah di tabur atau disemprot racun keong mas. Yang menjadi pertanyaanya adalah:
    ” Apakah Bakeri TGH yang sudah disemprotkan ke lahan tidak menglami kerusakan atau mati?” Seandainya bakterinya mati, apa yang harus saya lakukan terhadap penggunaan TGH tersebut.
    sebagai info, hasil panen padi saya tidak terlalu significan. sama seperti kebanyakan petani yang lain yang tidak menggunakan TGH.
    Terimakasih atas jawaban yang diberikan.

    • 68

      Untuk penggunaan pada padi sudah cocok, 3 hari sebelum tanam, hanya saja apabila menggunakan pestisida atau pupuk kimia selalu dahulukan penggunaanya dari TGH. Apabila hari ini menggunkan pestisida gunakan pupuk TGH 3-5 hari kemudian supaya bakterinya tidak mati. Bisa saja hasilnya memang belum, ada yang penggunaan pertama seperti itu, tetapi penggunaan selanjutnya akan lebih baik, karena tergantung dari struktur tanah. Penggunaan gunakan dengan tepat dan jangan menggunakan pupuk TGH sebagai pengganti. Lanjutkan pak.

  30. 69

    rizal said,

    Numpang tanya Pak,
    Bagaimana aplikasi TGH di sawit ( 13 Th)? jika kita melakukan pembersihan gulma (semak) secara kimiawi apakah digunakan TGH sebelum penyemprotan kimia atau sesudah, berapa hari jarak idealnya (sebelum / sesudah) ?
    terimakasih

  31. 70

    abe seva said,

    selamat siang pak erianto,salam kenal pak..saya abe,klo blh saya mau tanya setelah pake TGH yg ke 2 hasil padi saya tdklah terlalu bagus,tanaman jd rusak merah seperti terbakar,kira2 apa ya penyebabnya..mohon info lwt email saya,terima kasih,sukses buat kita semua.

    • 71

      Selamat siang pak Abe Seva…

      Terimakasih atas informasinya.
      Saya senang sekali mendapat respon atas penggunaan TGH. Kalau masalah merah seperti terbakar saya kurang tau kenapa itu bisa terjadi, tetapi itupun mungkin bapak bisa ceritakan bagaimana pengaplikasian yang bapak lakukan.

      Kemungkinan itu bisa terjadi kalau timbul akibat penggunaan TGH bisa jadi TGHnya dicampur dengan pestisida atau pupuk lain. Atau pada saat penggunaan tidak membersihkan alat penyemprot dari bahan2 lain.
      Atau penggunaan pupuk kimia yang berlebihan setelah menggunakan TGH.

      Demikian pak, sambil menunggu kabar dari bapak Abe, saya ucapkan terimakasih

  32. 72

    indra said,

    siiang……………..pak erianto
    saya mahasiswa salah satu Perguruan tinggi di RIAU saat ini saya merencanakan suatu uji coba/praktek lapangan tema/judul yang saya angkat adalah “Pengaruh Tiens Golden Harvest terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung”
    Namun yang menjadi kendala saya saat ini adalah saya belum mengetahui dosis yang dianjurkan untuk tanaman terung.untuk itu saya mohon bantuan Bapak dalam hal ini.
    Atas Bantuan nya sebelum nya Saya ucapkan Terima Kasih

    by indra

    dirokan hulu/riau

  33. 73

    barrang said,

    bisa ngak TGH tuk gemukkan tokek…..?????, thanks

  34. 74

    nurcholis said,

    begini,saya juga sudah menjalankan bisnis TGH ini,
    tapi belum tau apakah bisa diaplikasikan ke budidaya jamur?terus cara pengaplikasiannya gimana terima kasih

    • 75

      ya pak Nurcholis… gunakan 1liter pupuk dengan 50liter air, kemudian semprotkan ke lahan.
      Untuk lebih jelasnya, bapak coba uraikan bagaimana pola pemupukan dan penanaman jamur sehingga saya bias beri bagaimana cara penggunaan TGH.

  35. 76

    fadly said,

    met siang…bang saya sudah baca soal TGH tapi,ada yang saya mau tanya,apakah TGH cocok untuk semua jenis tanaman perkebunan?kalau iya bagaimana jika di gunakan untuk kakao?apakah bisa di gunakan pada awal tanam atau hanya bisa di gunakan pada saat tanaman akan pruduksi?

    • 77

      cocok pak Fadly…
      Benar sekali sangat cocok untuk semua tanaman, termasuk juga kakao. Penggunaan TGH ini tidak terbatas mau apapun, tetapi sudah tentu hasil yang maximal itu adalah kalau dari awal. tetapi kalau tanaman anda sudah ada saat ini tinggal disemprotkan saja dan dilanjutkan terus sesuai skala penggunaanya.

  36. 78

    andry said,

    SAYA PENEGEN UJI COBA PUPUK TGH UNTUK BUDI DAYA JAMUR COCOK APA TIDAK? DAN BAGAIMANA CARA PENGGUNAANYA?

  37. 80

    kasiati said,

    saya baru mendengar/tahu ttg pupuk cair TGH ini, tapi sistem ini apa berbentuk MLM ? cara penggunaannya / campuran airnya juga bagaimana ?

    • 81

      terimakasih anda sudah tau mbak Kasiati. Apakah yang ingin mau? Apakah pupuknya atau sistemnya? cara penggunaannya untuk tanaman apa ibu? dan airnya jangan air berkaporit. gunakanlah air yang bersih…

  38. 82

    mias winadi pamungkas said,

    Pg,pak erianto….sy salah satu distributor level 3…..sy da kendala mengenai dosis tepat baik tuk pertanian maupun peternakan…sy sdh memliki buku petunjuk pemakaian dan hitungan penghematan…kebetulan sya alumni Jur. HPT Fak. Pertanian Univ,Jember….Beberapa hari lalu sy bertemu dg petani jeruk…Beliau ragu akan pupuk ini karena dosis yang direkomendasikan krg tepat..mksdnya sprti campuran air antara 50-100 ltr….dan juga sy dah ketemu ma peternak sapi potong….beliau mengalami kendala mengenai dosis yang hrs digunakan baik untuk campuran minum maupun pakan ternak…sy rekomendasikan TGH krn sy bc ttg TGH jg bs buat ternak…Mohon penjelasannya…Tq atas informasinya…Mg kesuksesan selalu menyertai bpk….

    • 83

      Ya pak Mias Winadi…
      Selamat pak anda akhirnya menjadi Distributor Level-3. Untuk masalah dosisi itu tidak perlu ragu pak, karena tidak akan membahayakan. Jadi untuk penggunaan pada padi gunakan saja 1 liter pupuk + 50liter air. Jadi untuk petunjuk kapan digunakan silahkan ikuti sesuai petunjuk yang ada dalam buku yang bapak miliki. Jadi jangan ragu pak 50liter air saja. Kalau pemakaiannya sedikit gunakan 3-4tutup botol TGH untuk 10liter air / 1 tangki semprot merk Solo yang plastik putih.

      demikian pak, silahkan lanjutkan pak perjuangannya, apabila sudah ada pelaksanaan mohon bantuannya untuk memberikan informasi baik berupa tulisan atau photo jika ada. Demikian, salam

  39. 84

    pa sy mu bertanya apakah TGH bisa menambah tingkat PH tanah?atau kt tetap harus menggunakan kalsinit/dolomit terlebih dahulu(jika tanah kita ph nya rendah)

    • 85

      Yth, Alfonsus Golfido

      Selamat pagi pak Alfonsus
      Benar sekali pak bapak tetap harus meningkatkan ph tanah.
      Jadi kalau TGH tidak meningkatkan ph tanah, tetapi TGH akan membantu menyerap unsur hara yang ada dalam tanah dan membantu tanaman untuk menyerap unsur hara yang telah disediakan oleh bakteri yang ada dalam TGH.

      secara ringkas kira-kira seperti itulah cara kerjanya.
      demikian pak Alfonsus

      Senang bisa berkenalan dan sharing dengan pak Alfonsus

      • 86

        Bambang Jarot said,

        TGH tidak menaikan Ph tanah tapi mengembalikan struktur Ph tanah menjadi stabil dan menjadi layak tanam, TGH juga membantu menstimulasi hormon yang sudah ada dalam tumbuhan (auksin,geberelin dan sitokinin) membuat tanaman dapat tumbuh maksimal sesuai dengan maksimal nya kerja ketiga hormon tersebut. TGH membantu mengembalikan unsur hara dalam tanah yang sudah berkurang atau menghilang.
        semoga membantu, wassalam Be Diamond….!!!

  40. 87

    leafear said,

    Kog pupuknya mahal banget?Kasihan petaninya atuh..

    • 88

      tergantung dilihat dari mana harganya! Kalau dibandingkan dengan pupuk harga Rp. 10.000,- memang mahal.

    • 89

      Bambang Jarot said,

      Pupuk TGH tidak mahal, karena memakai pupuk TGH mengurangi 50% penggunaan pupuk konvensional, sisa biaya 50% untuk pembelian pupuk konvensional akan jatuh lebih murah dan hasil panen bisa mencapai 1 1/2 s/d 2 kali lipat dibanding pengunaan pupuk konvensional 100%.
      Semoga membantu, wassalam (BJ)

  41. 90

    luminous25 said,

    nice inpho.. :) Salam kenal.

  42. 91

    Huda said,

    Selamat pagi pak erianto,, perkenalkan,, saya Huda pelajar SMA dari KARAWANG..
    Meskipun saya masih pelajar,, saya sudah menjalankan bisnis pupuk TGH ini, Pak..
    Walaupun saya baru memulai bisnis ini,, tapi saya yakin pak, saya akan berhasil, karena tujuan utama saya bukan bisnisnya saja, tapi saya ingin memakmurkan kehidupan seluruh petani di KARAWANG dengan mengandalkan pupuk TGH ini..
    karena pupuknya sangat luar biasa bagusnya pak..
    skr beberapa daerah di KARAWANG sudah mulai menggunakan pupuk TGH..

    Dari kemaren saya kunjungi teruz website Bapak,, Dari website ini saya banyak sekali mendapatkan informasi-informasi penting tentang pupuk TGH..
    Bermanfaat sekali pak Erianto..

    Mohon Do’anya..

    Terimakasih..

  43. 92

    Denny Moekhlisudin, SE said,

    Sungguh luar biasa tidak seperti yg saya harapkan dari sebuah pupuk.
    melebihi harapan saya sebagai SP3 di Desa Tambakbaya Kab. Lebak Prop. Banten
    kami telah gunakan TGH hampir dua tahun dan hasilnya selalu memuaskan.
    data terakhir kami gunakan untuk pengembangan padi organik menggunakan TGH dan beberapa pupuk kimia dengan porsi setengah dari biasa kami pakai. hasilnya sungguh memuaskan dari 3/4 Ha lahan sawah saya bisa dapat 10 Ton Gabah Kering.
    Luar biasa. Lanjutkan …..

    • 93

      Denny Moekhlisudin, SE said,

      wah kayaknya pernyataan saya sekaligus buat jawaban pa aswin jakarta ya…
      baguslah…. go freedom
      Nb. SP3 adalah Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan… dan saya punya program Go Organik buat di Tempat binaan saya sampai Juni 2010 nanti. jadi TGH sangat mendukung banget…. ayo buktikan. Perlu bukti contact me at d_moekhlisudin@yahoo.com

      • 94

        Terimakasih pak Denny Moeklisudin…
        Atas informasi yang disampaikan. Sehingga para teman-teman kita distributor yang lain juga tetap bersemangat untuk bergerak terus tanpa menyerah. Memberikan bukti bahwa TGH bukan pupuk sembarang pupuk. Senang bisa berkenalan dengan pak Denny M. Mohon sharing photo sebagai sample pak biar kita muat dan membauat orang lebih percaya lagi dengan TGH.

  44. 95

    aswin said,

    jujur aja sudah sangat banyak komentar- komentar yang saya baca masalah tentang produk tiens khususnya mengenai pupuk kenapa tidak ada salah seorang anggota tiens yang membuktikannya kelapangan atau kemasyrakat awam khususnya mengenai pupuk ini secara cuma – cuma.kerna saya lihat perusahaan ini sudah sangat terkenal dan sanagat besar. jadi gak ada salahnya untuk membuktikannya kepada masyarakat di berikan secara cuma- cuma……………………………………………ini cuma saran saja kapada bapak pimpinan prusahaan tiens..
    atas perhatiannya saya ucapkan ribuan terimakasih

    • 96

      Oh ya..

      Terimakasih atas informasinya…
      Setahu saya banyak pak yang sudah uji coba. Saya sendiri untuk petani sayur ada 4 binaan yang saya gratiskan uji coba dan berhasil. Apakah bapak adalah distributor? Kalau ia pasti pak. Barang kali tidak semua punya documentasi sehingga tidak bisa diperlihatkan. Dan sebagai informasi ini adalah website saya sebagai distributor bukan website resmi perusahaan.

      Demikian pak penjelasan kami, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

      Salam

  45. 97

    Marthen said,

    Salam Pak Eric,
    Kayaknya ada yg rancu nih… Kalau 1 liter TGH dicampur dengan 50 liter air, tentunya utk setiap liter air perlu 20 ml TGH.
    Tapi dlm berbagai sumber disebutkan juga utk 1 tanki pompa gendong hanya perlu 1 tutup botol TGH. Sedangkan 1 tutup botol TGH sama dengan 10 ml.
    Pompa gendong itu kan isinya 15 liter pak. Maka tentunya utk 1 tanki pompa gendong dibutuhkan 300 ml TGH alias 30 tutup botol.
    Selisihnya jauh sekali ini pak Eric…

    • 98

      Selamat siang p’ Marhen…
      Senang sekali masih tetapi setian di Golden Harvest…
      Terimakasih sudah memberikan pencerahan dan saran yang kami pikir ini cukup bagus. Sehingga orang tidak banyak yang bingung. Jadi INTInya p’Marthen ketentuan penggunaan 1liter pupuk dengan 50liter air dan 1 tutup botol dengan 1 tangki tidak menjadi harga mati memang. Tetapi benar p’Marthen kalau 1 tutup botol dicampur dengan 15 liter air / 1 tangki juga tidak masuk akal. Saya selalu menyarankan untuk penggunaan 1 tangki pompa yang isi 10 liter gunakan 3-4 tutup botol TGH. Sedangkan untuk penyemprotan bisa menggunakan 50liter – 200liter air per 1 liter pupuk.

      Mudah – mudahan bisa bermanfaat apa yang kita sharingkan di sini. Bagaimana pak Marthen perkembangan tanaman setelah menggunakan TGH di Taput. Barangkali bapak sudah mempunyai pengalaman di sana, mohon disharingkan buat rekan-rekan petani yang ada didaerah lain. Apakah pak Marthen menggunakan untuk Kopi?

      salam

      • 99

        Marthen said,

        Salam pak Eric,
        Saya baru coba utk jeruk kira2 1,5 bulan yg lalu. Utk setiap tanaman saya berikan 4 lubang masing2 250 cc. 1 liter TGH saya campur dengan 150 liter air. Selang 5 hari saya berikan pupuk kimia 1/2 dosis dari yang biasanya. Kebetulan setelah menggunakan TGH hujan juga turun setelah 2 bulan tidak hujan. Dan sekarang sudah kelihatan ada perubahan pada pertumbuhannya (jeruk saya umur 3 tahun).
        Saya jg gunakan pada jagung tp sekarang masih umur 3 minggu dan akan memulai penyemprotan kedua.
        Sedangkan kopi saya tidak ada menanam pak Eric.

        Terimakasih.

      • 100

        Wow… luar biasa ya pak….

        Senang sekali mendengarnya pak Marthen.
        Eh sorry pak Marthen bukannya di Tarutung (Taput) hari itu bilangnya?
        Emang disana ada jeruk pak?

        Ok.. salam sukses pak, berikan informasi ini kepada rekan-rekan, jika tidak keberatan mohon kirimkan fotonya pak.

        Salam

  46. 101

    Samsudin said,

    slmt mlm pak eric, saya bertempat tinggal di wilayah Bogor.Saya mempunyai rencana utk bertani/berBudidaya Jamur Tiram di Bogor. dlm perkenalan ini ada yg ingin saya tanyakan pada pak Eric,apakah pupuk TGH bisa digunakann utk penanaman Jenis Jamur ? . Karena jamur itu sendiri adalah tanamah yg memang sudah jelas tanaman Organik. Klo memang bisa bagaimana cara pemakaiannya ? sebelum dan sesudahnya saya Ucapkan Terimakasih yg sebanyak-banyaknya. Salam Sukses buat Bpk Eric.

    • 102

      Selamat pagi pak Samsudin.

      salam kenal saya Erianto Simalango pak Samsudin…
      sebelumnya izinkan saya mohon maaf karena terlambat untuk menjawab komentar pak Samsudin.

      Terimakasih atas komentarnya… saya senang sekali kalau bisa bekerjasama dengan pak Samsudin. Mohon bantuannya bagaimana pola penanaman untuk jamur yang bapak maksud dan pola pemupukan biasanya, sehingga saya bisa lebih mudah untuk memberikan panduan penggunaan TGH pada saat kapan. Harapan saya bisa memberikan lebih detail jadi saya tidak menebak-nebak pak Samsudin.

      Demikian pak Samsudin, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

      Senang berkenalan dengan pak Samsudin.
      salam

  47. 103

    Iponk said,

    Pa TGH sudah diujicobakan ke Pepaya bangkok blm, gimana hasilnya, Saya ingin mencoba menerapkan ke kebun pepaya saya, usia tanaman saat ini swekitar 4 bln dan pemupukan baru memakai pupuk kandang dan ponska, apabila saya memakai TGH apa keuntunganya? mohon penjelasan sedetail mungkin , terimakasih

  48. 105

    eddy ismanto said,

    slmt mlm pak, sy mau tanya brapa idealnya lahan 1/4 Ha bila ditanami pohon tembakau soalnya petani saya kasi TGH 2lt abis pd pemupukan II dgn 3000 pohon, mohon solusinya bagaimana. trimakasih dr eddy bali

  49. 107

    Petrus Maramba said,

    terima kasih atas informasi tentang pupuk TGH, saya ingin tanya penggunaan TGH pada ternak aplikasinya seperti apa?

  50. 108

    yudya said,

    saya sudah mendapatkan hasil dari TGH ini.saya mengaplikasikannya pada tanaman jagung.saya ingin mengetahui TGH ini bila di aplikasikan pada tembakau.bila ada yang memiliki informasinya,tolong bagi kepada saya.thanks

  51. 110

    yudya said,

    untuk tanaman jagung saya sudah dapat mengetahui hasilnya. sangat menguntungkan menggunakan TGH ini. saya ingin mengetahui lebih tentang TGH ini kepada tembakau. bagi yang mempunyai informasi tentang TGH ke tembakau,mohon di bagikan kepada saya informasinya.thanks

  52. 111

    eddy ismanto said,

    slamat malam pak, sy tlah aplikasikan TGH pd tanaman padi, hslnya alhamdulillah dapat menolong petani dibanyuwangi. seblm pakai TGH hsl 1petak( 1/8ha) cuma menghasilkan 6karung padi n setelah pakai kombinasi TGH hslnya 9,5karung, gabah yg dihasilkan juga bagus. dan sekarang sy mo tanya tentang tembakau. penyemprotan awal pada lahan apa harus basah tanahnya soalnya yg sy liat petani tembakau pd waktu penyemprotan awal blm basah. seharusnya basah apa tidak? trima kasih n go exel. from eddy bali

    • 112

      Selamat siang pak Eddy Ismanto di bali. Terimakasih pak sudah memberikan informasi kepada kami dan juga para pembaca setia pupuk hayati tiens golden harvest.

      Pak Eddy Ismanto untuk penggunaan pada tembakau tidak perlu harus basah dulu tanahnya. Jadi kalau mau semprot kami sarankan pada saat pagi hari sebelum matahari panas atau sore hari jika memungkinkan. Supaya tanah masih lembab. Bisa disiram dengan keliling atau disemprot juga bisa, atau dengan membuat lobang 4 arah mata angin, kemudian siramkan pupuk TGH ke masing – masing lobang 250cc dengan pupuk yang sudah dicampur dengan air.

  53. 113

    Jonni said,

    Pagi Bang,
    Ketika saya menawarkan pupuk TGH, ternyata orang tersebut sudah pake duluan tapi dia bilang hasil ketimun nya jadi kecil dan bengkok,dicoba pada bunga malah gk keluar kembangnya..bisa dibantu Bang kira2 apa penyebabnya menurut analisa atau pengalaman abang.

    Terima kasih.

    • 114

      Pagi pak Jonni kok emailnya tidak bisa dikirimi pesan..?
      Posisi pak Jonni dimana neh…
      Apakah sebelum menggunakan TGH memang timunnya tidak seperti itu? Bagaimana pemupukannya? Kalau hanya mengandalkan pupuk ini tidak bisa
      Mohon diperjelas.. kalau memang mau, investasilah gratiskan 1 liter kemudian coba lagi. Usahakan tetap menggunakan pupuk kandang sebelum tanam, kemudian di semprot 3 hari sebelum tanam.

      Saya udah coba di Riau, hasilnya bagus, memang ada kok yang bengkok, tapi karena tanam pertama kali.

      Bisa saja… penanaman pertama seperti itu karena penyesuaian tanah. lanjutkan sekali lagi..

  54. 115

    Marthen said,

    Saya Marthen dari Tapanuli Utara. Saya sudah mencoba TGH untuk cabe. Tapi saya tidak puas dengan brosur (keterangan) yang tidak lengkap. Saya ingin tahu bagaimana aplikasi TGH untuk Cabe, dari mulai pembibitannya.
    O iya pak Eric, masa kita udah beli pupuk tapi masih harus beli buku petunjuknya?

    • 116

      Horas pak Marthen di Taput…
      Salam Kenal dari saya erianto simalango (panggil saya Eric).
      Senang sekali bisa berkenalan dengan pak Marthen. Kerinduan buat saya, karena
      selama ini kok tidak ada yang dari Tapanuli Utara (kampung saya) yang
      tau tentang pupuk ini. Pada hal sangat bagus. kok malah saya jual ke Surabaya, Bali, Bekasi, NTB bisa dan repeat order lagi. Pada hal
      sama – sama bisa buka Internet dan bahkan sudah pernah panen raya di Simalungun dengan pupuk ini.

      Oke pak Marthen… UDAH MENCOBA ya pak? Gmana ngak berhasil ya pak?
      Oh ya ngak puas dengan brosur ya? Memang dari pabrik sendiri hanya mencetak brosur saja, jadi buku petunjuk tersebut
      dibuat oleh masing-masing distributor dengan hasil ujicoba langsung. Jadi bukan teori saja. Untuk itu saya sangat mengerti sekali bahwa
      pak Marthen mengeluhkan tentang buku petunjuknya. Dah beli pupuk, masa beli buku petunjuknya.. gitu ya pak?.
      Karena pupuk ini tidak mengandung efek atau menimbulkan bahaya, sebenarnya tidak ada aturan yang pasti untuk penggunaannya, jadi kalau
      yang dibrosur saja sebenarnya sudah bisa. Yang jelas penggunaan pupuk kimia jangan dicampur dengan pupuk TGH, mohon diberikan jarak min. 3hari
      Saya sudah melakukan 3 kali percobaan dengan petani cabe di Riau, 2 petani berhasil dan 1 petani gagal. Kenapa gagal? Karena penanaman dari awal tidak menggunakan pupuk sama sekali,
      apakah itu pupuk kandang, kimia atau lainnya. Untuk itu perlu kami jelaskan kembali bahwa pupuk TGH bukan pengganti pupuk kimia tetapi untuk mengurangi jumlah pemakaian
      pupuk kimia dan pupuk kandang. Baca pada Perbandingan Biaya.

  55. 117

    Hendra said,

    Saya sangant tertarik dengan pupuk TGH ini, tapi pak apakah pupuk TGH ini sudah ada sertifikat dari IPB atau ITB atau pun badan yang berwenang untuk menelitinya?
    kalau bisa kirimkan Sertifikatnya ke email saya Thanks.,.

  56. 119

    Rsyadi said,

    Pak Erianto yth
    Perkenalkan nama saya Rusyadi
    Saya bekerja di bagian pemasaran IT Product di Jakarta, setiap jumat sd minggu mudik ke kampung didaerah Jawa Barat ( daerah pertanian padi )
    Sabtu 9 Mei 2009 saya melihat acara yang mempresentasikan Pupuk TIEN Golden Harvest.
    Saya tertarik untuk mencoba mensosialisasikan sekaligus mencoba implementasi pada lahan pertanian di kampung saya.
    Apakah di Jakarta ada stockis dan siapa yang bisa di hubungi ?

    Terima kasih

    • 120

      Selamat malam p’Rusyadi ysh,

      Terimakasih pak atas komentnya, sebelumnya juga kita sudah SMSan.
      Ya pak Suryadi yang saya hormati (ysh), senang sekali membaca komentar bapak di web kami. Pada hal ternyata bapak seorang IT yang nota bene tidak ada hubungannya dengan dunia pertanian. Tetapi karna bapak orang yang mau belajar akhirnya pengen coba. Kebetulan sekali saya juga orang IT tapi bekerja sebagai Procurement di salah satu perusahaan BUMN. Oh ya pak Rusyadi, beruntung sekali bapak sudah melihat presentasinya.

      Benar adanya, saya sangat mendukung pak Rusyadi, disaat waktu luang kita bisa pasarkan ini terutama di Daerah Pertanian, disamping bapak bisa membantu para petani, juga bisa mendapatkan penghasilan. Karena saya juga hari sabtu tidak masuk kerja, jadi jam 7.30Wib saya sudah pergi ke kelompok2 tani untuk membina hubungan dan mencoba untuk implementasi langsung. Ada beberapa yang sudah berhasil. Jadi pak seperti yang saya smskan, alamatnya diJakarta, tetapi apapun kendalanya/masalahnya silahkan langsung hubungi kami via sms atau email, untuk bisa kami bantu.

      salam sukses, Go Petani Indonesia yang Makmur

  57. 121

    Dhody said,

    Saya dhody dari sulawesi selatan, sy telah memakai tiens golden harvest pemberian saudara dan sy telah cb ditanaman cabe dan hasilnya memuaskan. Tapi apa bisa tanaman untuk tanaman anggur?

    • 122

      Pak Dhody ysh,

      Terimakasih sudah menggunakan Tiens Golden Harvest, silahkan beritakan ini kepada teman-teman kita petani di Daerah pak Dhody, supaya petani kita makmur pak. Ada photonya pak? kalau ada silahkan kirimkan ke kami, akan kami tampilkan disini.

      Kalau untuk tanaman anggur bisa juga…. silahkan di uji coba.

  58. 123

    Reza Fadhillah said,

    Apa ada yang bisa membantu menjelaskan kelebihan pupuk orhganik tiens, dan apakah pupuk ini bisa digunakan dengan komposisi 100 % tanpa campuran bahan kimia lainnya (karena saya punya komoditas kebun yang akan dilempar keluar dengan persyaratan organic farming system).. mohon infoirmasi dan arahan. terima kasih

    Best Regards,
    M. Reza Fadhillah. Dj, SE
    Coord. Internal Audit QHSE (ISO 9001 , ISO 14001 & OHSAS 18001)
    PT. Artanusa Indoetam
    Samarinda Kalimantan Timur – Indonesia
    Mail private : , .
    office : (reza@artanusa.co.id)

    • 124

      Selamat malam pak Reza Fadhilah…

      Salam Kenal… saya erianto simalango, panggil saya eric.
      Senang sekali, atas pertanyaan pak Reza tentang komposisi dari Tiens Golden harvest. Tetapi sebelum lebih jauh tentang Tiens Golden Harvest (TGH) baca: http://www.tiensgoldenharvest.co.cc, kita akan mencoba sharing sedikit, mungkin bapak Reza sudah tau tentang ini, tetapi supaya gampang nanti.

      Bahwa sering orang bertanya, kenapa semakin lama lahan semakin tidak subur? Karena selama ini mungkin orang anya memperhatikan 2 unsur saja yaitu, Unsur Kimia yaitu dengan pemberian pupuk kimia dan unsur Fisika yaitu mencangkul, membaja, tanpa memperhatikan unsur yang 1 ini yaitu Unsur Biologi dimana dengan adanya unsur biologi ini keseburan tanah akan berkelanjutan. *)Peneliti Senior di IRRI Philippina Prof. Dr. Lukman Gunarto

      Kenapa harus Tiens Golden Harvest (TGH)?
      TGH menggunakan tekhnologi AGPI :
      baca selengkapnya : http://tgoldenharvest.wordpress.com/2008/09/23/manfaat-teknologi-agpi/
      atau http://tgoldenharvest.wordpress.com/category/artikel/page/2/

      Manfaat TGH untuk tanah :
      Terhadap Fisik Tanah (Unsur Fisika):

      * Meningkatkan daya sanggah air tanah
      * Menignkatkan daya simpan hara
      * Meningkatkan aerasi (kandungan oksigen) tanah
      * Mengurangi kepadatan tanah

      Terhadap sifat Kimia Tanah

      * Meningkatkan ketersediaan unsur hara didalam tanah
      * Meningkatkan kelarutan unsur P dalam tanah

      Terhadap Sifat Biologi Tanah

      * Meningkatkan aktifitas mikroorganisme yang terdapat dalam tanah
      * Meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan di dalam tanah

      Alasan pertama kenapa harus menggunakan TGH adalah dengan TGH tanaman akan semakin subur.
      Kedua Dapat Menghemat pupuk kimia hingga 50%. Jadi pak Reza untuk murni 100% tidak bisa, karena seperti saya jelaskan tadi bahwa 3 unsur tadi harus lengkap. Bapak bisa lihat perbandingan penggunaan pupuk dan perbandingan biaya di halaman berikut ini : http://tgoldenharvest.wordpress.com/category/perbandingan-biaya/
      disamping itu juga bahwa pernah dilakukan pengujian kelaboratorium untuk penggunaan TGH terhadap padi ternyata tidak dideteksi adanya kimia dalam beras tersebut. bisa dilihat hasil sertifikat hasil pengujian di :

      http://tgoldenharvest.wordpress.com/sertifikat/

      Bagaimana TGH bisa menghemat 50% pupuk kimia?
      TGH mempunyai microba yang mempunyai kemampuan untuk mempermudah tanaman menyerap unsur hara yang ada dalam tanah yaitu terhadap nitrogen, posfat, kalium dsd antara lain :

      * TGH mengandung Mikroba pemasok nitrogen, yaitu Azotobacter SP dan Azoospirilium Sr
      * TGH mengandung Mirkroba pemasok posfat (pelarut posfat) yang dapat melepaskan posfat atau melarutkan yang terikat oleh mineral liat tanah.
      * Juga pemasok Kalium (mikroba selulotik) yaitu dengan mikroba selulotik dan lactobacilius sehingga mempercepat penguraian untuk menjadi kalium. (Pupuk kimia menggunakan KCL)
      * Disamping itu juga kita sering menggunakan pestisida yang dpt membunuh hama, akan tetapi racun tersebut juga merancuni tanah dan tumbuhan. Dengan adanya mikroba Pseudomonas Sp dapa mengurai yang disebut lignis dan berfungsi juga memecah mata rantai dari zat-zat kimia yang tidak bisa diolah mikroba lain, termasuk mengurai residu pestisida, sehingga tidak pestisida juga dapat diurau menjadi zat yang tdk berbahaya. bisa juga dibaca di http://tgoldenharvest.wordpress.com/category/artikel/page/2/

      Sehinga dengan TGH bisa :

      1. Menyuburkan tanaman
      2. Menghemat pupuk kimia dan pupuk lainnya 50% dari biasanya, otomatis menghemat biaya
      3. Cocok untuk beragai jenis tanaman.
      4. Produktivitas meningkat
      5. Tumbuh lebih cepat dan panen lebih cepat 1 minggu hingga 10 hari.
      6. Masa petik lebih banyak, tanaman lebih sering berbuah (kami coba dengan timun : hampir setiap hari panen Bpk. Sihombing 0813-71238401).
      7. Ukuran buah, umbi, biji lebih besar dan lebih berat.
      8. Daun lebih lebar dan lebih rimbun, hal pertama yg langsung kelihatan pd tanaman adalah semakin hijau
      9. Buah lebih tahan lama.
      10. Tanaman lebih sehat dan lebih tahan lama. (Menurut pak Sihombing) timun itu umurnya 45hari sudah habis, sekarang timunnya dah lebih dari 45hari masih panen
      11. Ramah lingkungan, tidak lagi merusak tanah tapi meningkatkan kesuburan… (cocok untuk Go Organik 2010)
      12. Meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.
      13. Harga relatif sama semua di Indonesia sehingga tidak ada permainan tengkulak, yang penting mempunyai kartu pembelian pupuknya.

      Ok, pak Reza mudah-mudahan pencerahan saya bisa mewakili.
      Untuk pendaftaran bisa dilakukan di isi form : http://goldenharvest.wufoo.com/forms/form-pendaftaran/
      pembelian pupuk bisa dilakukan dimana saja, yang penting dapatkan kartu distributornya agar lebih murah dari harga umum.

      Harga Umum Rp. 103.500,- dan harga distributor Rp. 90.000,-

      Demikian penjelasan kami, atas perhatiannya kami ucapkan terimaksih.

      salam
      eric

  59. 125

    hendro said,

    Haallllooo….SALAM KESUKSESAN ,Sy Hendro seorang mahasiswa dari sebuah Universitas di Kota Malang-Jawa Timur, saya member tianshi bintang tiga,kota Malang..Saya sangat tertarik untuk mencoba produk pupuk Tianshi (Tiens Golden Harvest/TGH) ..Saya mau mencoba mempraktekkan dan menggunakan TGH untuk Pertanian-PADI di wilayah Malang , Blitar dan di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT)..Saya mau bertanya untuk tanaman PADI, biasannya dari waktu penanaman hingga waktu panen membutuhkan waktu berapa lama??Saya mau bertanya apakah TGH cocok untuk semua tekstur dan kualitas tanah di ketiga wilayah tersebut dan bagaimana cara penggunaan TGH serta takarannya dari sebelum proses penanaman dan sampai pada proses penanaman PADI, sampai pada proses pembersihan gulma dan pada proses pemberian TGH ataukah bagaimanakah cara Penyemprotan TGH hingga akhir menjelang panen dan apakah dalam proses pemberian TGH dapat di sandingkan dengan pupuk lain?? Dan saya juga mau bertanya selama masa satu kali musim tanam pemberian TGH berapa kali dan di berikan pada waktu apa??Saya sebelumnya juga tentu akan melakukan percobaan TGH di 2 petak sawah dengan ukuran 1 petak sawah berukuran 20 kali 20..Nantinya saya akan melakukan percobaan dengan cara 1 petak sawah menggunakan TGH dan satu petak sawahnya tidak menggunakan TGH dan menggunakan pupuk lain,sehingga dapat melihat perbedaan hasil yang baik dan sangat berbeda dari kedua petak sawah tersebut??Saya juga mau bertanya bagaimana takaran penggunaan TGH dan apakah dapat di campur dengan pupuk lain dan berapa takarannya untuk percobaan dengan ukuran satu petak sawah 20 kali 20. Sebelumnya maaf ya…saya banyak tanya soalnya saya adlah seorang mahasiswa yang masih minim pengalaman dalam penggunaan TGH , saya sangat berharap dari saudara-saudara yang telah berhasil dan sukses dalam melakukan percobaan pada tanaman PADI dan bagaimana cara melakukan percobaaannya??? Sebelumnya TERIMA KASIH atas bantuannya,saya sangat mengharapkan balasannya atas pertanyannya serta saran-saran dari saudara-saudara yang telah sukses dalam mempraktekkannnya dan mencoba TGH… Saya sangat mengharapkan balasannya…Terima Kasih..HIDUP TGH….Sukes…goo…DIAMOND….

    • 126

      Selamat siang pak hendro Wedo..

      Terimakasih atas emailnya.. anda sangat semangat sekali.
      Anda harus sukses.. jangan menyerah… saya yakin anda bisa…
      Apalagi masih mahasiswa dan masih muda.. dan sudah Distributor Level – 3 lagi ya pak.?

      Boleh pak! senang sekali kalau bisa cepat terwujud, kesuksesan akan mudah anda raih. karena kesuksesan itu adalah hak semua orang, tetapi tidak semua orang akan sukses.

      Penanaman padi itu tergantung jeins padinya pak. kalau IR 6 bulan kalau nggak salah. Ada baiknya ditanyakan lansung dengan para petaninya

      Saya pikir ini menjadi tantangan untuk pak hendro.. karena kami juga belum pernah mencoba disana, tetapi kami yakin pasti bisa pak.

      Caranya hanya disemprotkan ketanah. dengan cara mencampur air 50liter terhadap ppk tgh 1liter, kemudian disemprotkan, 1x2bulan. Ada baiknya baca buku petunjuknya supaya lebih jelas ya pak? bapak bisa beli alat bantunya.

      Ingat dengan menggunakan pupuk TGH bukan berarti tidak menggunakan pupuk lain. Itu persepsinya kurang benar. Jadi harus tetap menggunakan pupk lain tetapi diberi jarak 5 hari setelah/sebelum TGH, jadi jangan dicampur / diaduk.

      Silahkan pak itu sudah bagus idenya. Sekali lagi, pupuk TGH bukan untuk mengganti pupuk lain, tetapi untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia dan kandang hingga 50%. Jadi bukan untuk menggantikan.

      Ingat saja 1liter pupuk TGH dicampur dengan 50liter air. lalu disemprotkan, itu aja patoakkannya. biar gampang.

      Ok.. salam sukses pak Hendro..

      • 127

        hendro said,

        slmat mlm pak Eric….
        Trima kasih pak..atas info serta dukungannya..saya mau bertanya pak..saya mau mempraketkkan TGH dan membuktikan kepad para petani di 3 daerah tsb,tpi sy msih bingung gimana ukurann ideal lahan sawah sebagai lahan percobaan dengan 2 lahan yaitu ada yg mnggunakan TGH dan ada yg mnggunakan pupuk lain??? Pak sy menginginkan mencoba TGH di lahan yg gk terlalu besar atau kecil sehinnga ongkos percobaan utk TGH dan pupuk lain gk terlalu besar,maaf ya..pak mklum mhsiswa..msih nebeng ma duit ortu..sya mohon bantuan utk di carikan solusinya pak serta bgaimana mngena ukuran lahan swah utk percobaan yg kcil serta ongkos percobaan yg terjangkau dan dpt mmberikan bukti berupa hasil yg baik pada para petani??? pak sblumnya,sy hnya skedar mmberi tahu sy adlah seorang mhsiswa dr luar pulau dan pendatang d jawa tpi sy mau mngembangkan TGH dan melakukan percobaan d wilayah malng dan blitar.sy jg gk mmpunyai knalna petani..apakha sy harus membuat proposal ke dinas pertanian dan penyuluha utk melakukan uji coba TGH atau kah sy lgsnh menvoba k para petani??sy mohon solusinya pak..dan apabila di mlng dan blltar sukss maka sy akn mengemangkan di wilaya NTT.mngenai buku ptjunjuk TGH, tpi sy msih bingung pak mngenai pnjelasan mngenai pnggunaan dngan pupuk lain kita hrus berkonsultasi dnagn PTUGAS PPLs,mhon pnjelasannya pak mngenai petunjuk dan aplikasi dng pupuk lain??trima kasih,sy tnngu blsannya…trima kasih pak..

      • 128

        Selamat siang pak Hendro.. mohon maaf neh pak, jangan terlalu kaku dengan ukuran lahan. Kalau mau coba dengan lahan 10×10 aja bisa tinggal dibagi 2 yang satu pake TGH dan yang satu lagi non TGH gitu pak, jadi hasilnya bisa kelihatan langsung. Ya benar ngak usah lahan yang terlalu besar kecil aja cukup. Gunakan uji coba pupuk ini ke tanaman yang bisa cepat panen, supaya kelihatan langsung hasilnya. Biar jangan kerepotan, coba aja satu-satu daerah … nanti bisa satu lebih gampang mengembangkan ke yang lain. Kalau ada petugas PPLs lebih bagus, kalau tdk ada juga tidak apa2. lakukan aja.. pasti bisa

  60. 129

    Agoes Setia said,

    Go Fredoom……………..!!!
    saya adalah salah satu dari juataan distributor TGH,yang ada di seantaro nusantara, yang akan saya tanyakan bagaimana mendapatkan CD/DVD mengenai Tanaman Kopi dan Lada yang telah menggunakan Aplikasi TGH. mhon petunjuk….?
    Trims..

    • 130

      wah pak Agoes Setia… semangatnya luar biasa…
      Ya pak Agoes S… mohon maaf sampai dengan saat ini kami belum ada dokumentasinya.. mohon sabar, biasanya kalau sudah ada akan segera beredar… terimakasih

      saran kami mohon diberikan alamat email yang lengkap sehingga kami bis amengirimkan pesan ke email anda, jika ada informasi terbaru.

      • 131

        Agoes setia said,

        Trims… atas jawabanya,dikarenakan saya sangat membutuhkan CD/DVD yang memvisualisakan tentang Pemakaian TGH pada tanaman Kopi dan Lada, karena banyak petani perkebunan Kopi dan lada bertanya kepada saya, Bagaimana kalau TGH di gunakan pada tanaman kopi dan lada. sejauh ini saya menjawab kepada mereka bahwa Pupuk TGH itu cocok untuk segala jenis tanaman, kalau untuk tanaman Palawija dan Hortikultura dan saya sudah dapatkan CD nya

        Mhon dengan sangat, untk berbagi kiat sukses dalam bisnis ini…yang sejauh ini saya lakukan hanya sosialisasi mengenai TGH kepada Petani serta sebagai sarana sosialisasi saya dan kawan2, lagi lakukan penerapan Aplikasi pada tanaman padi sawah, sebagai bukti kalau pupuk TGH ini memang baik..dan dapat meningkatkan hasil pertanian.

        mhon info lebih lengkap mengenai permasalahan saya…dan trimakasih…………….

        Nama :Agoes Setia
        Email :www.Xyzzz_05@yahoo.com
        No.HP: 081272735180
        Alamat :
        1. Jl. Sumberjaya Bukit Kemuning Lampung Utara
        Prop.Lampung.
        2. d/a.Kantor CAMAT BUKIT KEMUNING
        Jl. Raya Kotabumi No.43 Bukit Kemuning Lampung Utara.

      • 132

        Sama-sama pak Agus… sesegera mungkin akan kami informasikan jika memang sudah tersedia. Ya kita maklum atas permintaan mereka, karena hampir diseluruh daerah di Indonesia juga meminta bukti, bukan janji. Benar sekali pak Agus jawabannya.. itu sudah tepat bahwa tgh cocok untuk semua tanaman.

        Ok pak agus.. kita akan sharing terus silahkan aja pak. Jadi kalau padinya juga sudah sukses mohon diphoto. Tepat sekali pak Agus. .itu sudah lengkap. Jadi ada baiknya langsung turun kelapangan dan praktekkan. Kalau bisa sebenarnya, photo sebelum menggunakan TGH, kemudian stelah menggunakan TGH, mulai dari penyemprotan pertama sampai terakhir kalau bisa didokumentasikan, jadi ketahuan.. perbandingannya.

        Saya pikir permasalahannya sudah tidak ada lagi, sudah komplete pak, karena pak Agus langsung praktek. Jangan hanya padi pak coba juga dengan tanaman lain, kalau bisakan ada teman yang bekerjasama dengan pak Agus. Mungkin dengan mengajak grup pak Agus.

        Terimakasih atas alamatnya, tapi sayang sekali saya tidak bisa balas ke email.

  61. 133

    Isni aminullah said,

    Asslm..mohon petunjuknya pak,apakah TGM sama kerja nya dng EM4?Krn slama ini sy mengaplikasikan hal tsb dlm pertanian…apakah bs digabung?oh ya,mohon info katalog bukunya apa ad utk budidaya ubi jalar .trimakasih

    • 134

      Selamat siang pak..
      Salam kenal pak Isni.. (maaf bapak / ibu ya?)
      Ya pak/bu Isni, tepatnya TGH (Tiens Golden Harvest) bukan TGM. Jadi tidak sama dengan EM4. Untuk memudahkan pakIsni bisa dilihat dari komposisi secara umum yang telah kami tampilkan di websitenya Tiens Golden Harvest
      Oh ya pak jadi selama ini udah pake EM4 ya? gmana hasilnya pak?
      Coba aja pak TGH. Digabung tidak bisa tapi pemakaiannya diberikan jarak 3 atau 5 hari saja, terserah mana yang lebih dulu. BUkan maksud mau mengajari bapak, tapi jika berkenan dan tidak keberatan silahkan uji coba TGH tanpa EM4 untuk lahan sedikit saja dulu, baru bapak bandingkan hasilnya.

      Katalog bukunya untuk ubi jalar secara khusus tidak ada, tetapi sudah dikelompokkan dalam kategori ubi. Mohon info bagaimana cara tanam ubi jalar biar saya jelaskan bagaimana cara aplikasinya TGH.

      salam
      kita bisa chat di

      http://id-id.facebook.com/people/Erianto-Simalango/1126092176

      atau email : ericserianto@gmail.com

  62. 135

    fajar said,

    saya pernah membuktikan pada cabe merah hasilya sangt2 memuwaskan

  63. 137

    dwi ismar said,

    bang, saya menawarkan tgh pada seorang petani yg punya 10 h sawah. ia minta pembuktian. klo berhasil, ia akan beli untuk 10 h sawahnya. skrg sdg berjalan, pertanyaan, sbg distributor, kemana sy harus pesan tgh dlm jmlh besarnantinya bila berhasil. mohon saran dan cara-caranya.tk

  64. 138

    Tomy said,

    pak kalau saya mau trans duit , itu bca nya cabang mana pak ???
    harga konsumen nya, seandainya saya mau jual harga lebih tinggi, apakah boleh ?
    trima kasih

  65. 139

    Miftah said,

    Salam kenal, mohon informasi untuk penggunaan GH membantu proses pembuatan pupuk kompos dari kotoran ayam, dan apakah GH juga bisa untuk diberikan ke ternak ayam ? terima kasih

  66. 140

    Mojiono said,

    Saya banyak mendengar keunggulan pupuk tiens golden harverst ini dari teman-teman saya..namun saya penasaran dengan penggunaannya terhadap hewan ternak, tanaman blewa dan tembakau. Mungkin saya bisa mendapat informasi yang benar dari sumber yang benar mengenai pupuk ini…trim’s

    • 141

      Yth.

      Terimakasih pak Mojiono atas pertanyaannya.
      Mudah- mudahan ini bisa menjawab apa yang menjadi keraguan dari pak Mojiono untuk Pupuk Tiens Golden Harvest (TGH).
      Saya mempunya hal yang sama seperti pak Mojiono pada awalnya. Ternyata setelah saya coba beli satu liter dan saya berikan kepada teman yang punya lahan, hasilnya memang benar mengejutkan. Walaupun sebelumnya hampir pernah kecewa karena mertua saya menggunakannya katanya tidak bagus, ternyata setelah saya selidiki mertua saya menggunakan pupuk TGH dicampur dengan pestisida.

      Jadi sebaiknya PUPUK TGH jangan dicampur dengan apapun kecuali AIR.
      Karena rasa penasaran akhirnya saya beli lagi saya berikan kepada teman arisan yang punya lahan ubi dan jagung. Hasilnya luar biasa, sekarang teman saya tersebut menjadi pengguna pupuk TGH dan juga sebagai Distributor diwilayahnya. ini yang menarik ada 2 keuntungan : mendapatkan hasil panen yang bagus dan juga mempunyai bisnis yaitu menjadi distributor (ada bonus dan reward jika bisa dijalankan bersamaan).

      Saat ini juga saya sedang berikan gratis kepada salah seorang petani Cabe, 1 minggu pakai sekarang BUNGAnya banyak sekali. Luar biasa… kata petaninya tadi pagi kepada saya, otomatis ini akan menjadi Repeat Order.

      Jadi untuk hewan ternak tidak bisa digunakan dan tetapi untuk tanaman blewa dan tembakau sangat bisa, silahkan diuji coba.
      saya jamin tidak akan rugi. hanya Rp. 190.000,- sudah mendapatkan :

      1. Kartu Distributor berlaku seluruh Indonesia dan bisa diwariskan tidak ada biaya tahunan, selamanya 1x bayar.
      2. Brosur 1 pack (ada petunjuk pada brosur dan bisa juga digunakan untuk promosi)
      3. Pupuk 1 liter.
      4. Gratis Ongkos Kirim pembelian 12 liter.

      Caranya gampang :

      1. Baca syarat menjadi Distributor
      2. Isi Form Pendaftaran

      Demikian, jika ada yang kurang jelas bisa hubungi kami di : 0819-3370-3356

      salam
      eric

  67. 142

    wahyudin said,

    saya mengucapkan terima kasih bisa membuka file ini tapi saya kepengin dikirimi cara penggunaan pupuk golden harvest dan bagaimana cara memesan

    • 143

      Selamat siang pak Wahyudin…

      Terimakasih pak atas emailnya…
      benar sekali pak, pertanyaannya bagus sekali. Bapak tidak peru khawatir, setiap pembeli pupuk Golden Harvest selalu kami kirimkan panduan praktis bagaimana cara menggunakannya. Jadi kekhawatiran bapak akan terjawab, karena banyak orang yang bertanya demikian.

      Untuk cara pemesanan sangat gampang sekali pak, silahkan isi Formulir Pendaftaran

      Setelah bapak melakukan registrasi, silahkan transfer uangnya ke rekening kami sebesr Rp. 100.000,-

      BCA : 2200-333-040
      Mandiri : 108-0001-080804
      BNI : 0077871741
      a/n : ERIANTO SIMALANGO

      Setelah transfer bisa sms ke : 0819-3370-3356

      Demikian pak,
      terimakasih semoga bermanfaat.

  68. 144

    saya sudah menjadi distributor tiens golden harvest, apakah ada bonus untuk saya jika telah menjual ribuan pupuk tiens?

    • 145

      Saya pastikan Anda Dapat Bonus, pasti … makanya sebenarnya banyak keuntungan jadi Distributor kami :
      Hanya 1 IDCard bisa mengelola beberapa bisnis a.l : Pupuk, Olie Kendaraan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan, Makanan Kesehatan, Alat Kesehatan yang pasti ini sangat dibutuhkan semua orang.

      Keuntungan menggunakan Tiens Golden harvest :

      Hasil Meningkat
      Mengurangi penggunaan pupuk kimia otomatis biaya kurang
      Menyuburkan tanaman
      Mempunyai bisnis pupuk, artinya bisa menjuak kepda orang lain
      Mendapatkan bonus
      Pengembangan diri, jika ikut ke Seminarnya

      Jadi tinggal keputusan Anda Semua…. hanya Rp. 100.000,- biaya registrasi seumur hidup dan bisa diwariskan bisa mempunyai Bisnis Plus-Plus

    • 146

      surya said,

      jgn ribuan kalo pak2 udah bisa terjual 100 liter ja pak2 bisa dapat bonus

  69. 147

    Eric said,

    Peluang Repeat Order Pupuk 100%

    Saya setuju sekali dengan pernyataan bapak Muklis bahwa :
    Market Pupuk di Indonesia lebih dari Rp. 40 triliun/tahun. 70% penduduknya adalah petani. Sebuah peluang bisnis yang sangat potensial. Belum lagi seluruh dunia sedang gencar memulai suatu gerakan pertanian ramah lingkungan.

    koran sib menyebutkan… (sumatra saja)
    ……………. rencana kebutuhan pupuk yang ditetapkan tahun ini lebih tinggi dibanding tahun 2007 sebanyak 722.000 ton, namun realisasi ketersediaan pusat lebih banyak yakni 201.000 ton.
    Secara rinci, diterangkan bahwa pada tahun 2007 rencana kebutuhan 722.000 ton itu terdiri dari pupuk urea 313.000 ton, realisasi 148.000 ton. Pupuk Sp36 sekitar 181.000 ton lebih, realisasi 23.000 ton. Pupuk ZA 106.000 ton, realisasi 23.000 ton. NPK 122.000 ton, realisasi 27.000 ton.

    Pupuk hayati Ramah Lingkungan Tiens Golden Harvest memberi solusi untuk kebutuhan pupuk di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan pupuk Tiens Golden harvest dapat mengurangi 50% pemakaian pupuk kimia. Dengan kebutuhan 722.000 ton pertahun hanya untuk wilayah sumatra harusnya dapat di bagikan 50% kedaerah lain jika Tiens Golden Harvest digunakan. Ini peluang yang sangat besar.

    Jaringan retail pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. Dengan modal

    * 5 juta (Seluruh Indonesia) anda sudah bisa memiliki retail pupuk organik ramah lingkungan dan berhak membuk cabang diseluruh wilayah Indonesia, tanpa batas.
    * 3 Juta (serluruh Indonesia) anda sudah bisa memiliki retail pupuk organik ramah lingkungan (mohon maaf belum bisa membuka cabang).

    Pupuk hayati Tiens Golden Harvest (TGH) sedang naik daun. Permintaan meledak dimana-mana, sehubungan dengan hal tersebut sekarang TGH terdiri dari 2 kemasan yaitu 1 liter dan 5 liter. Menurut informasi ada dua hal produk tersebut mengalami lonjakan permintaan. Yaitu kualitas produk dan peluang repeat order 100% yang cukup besar.

    sampai – sampai kapasitas pabriknya diperbesar lebih dari lima kali lipat karena harus mengikuti perkembangan permintaan pasar dari Tiens International yang meingkat secara signifikan.

    saat ini produk local yang menjadi incaran negara tetangga seperti Brunai Darussalam, Malaysia, Thailand dan Australia. Melihat perkembangan permintaan seperti ini, kemungkinan besar akan membuka pabrik diluar negeri untuk melayani pasar tersebut.

    Ayo, tunggu apa lagi! Tahun 2015 pertanian indonesia harus sudah ramah lingkungan. Kita tunjukkan konstribusi kita

    Hubungi kami segera :

    Erianto Simalango/ eric
    0819-3370-3356 / ericserianto@gmail.com

  70. 148

    Andri said,

    Saya mau menanyakan untuk pupuk cairnya, bagai mana cara pemakaiannya. untuk 1 liter pupuk harus di campur air berapa liter dan untuk berapa luas lahan padi ? Apakah ada efek sampeng lain bagi kesehatan orang yang mengkonsumsi beras dari hasil pemakean pupuk cair. apakan ada ukuran ukuran yang lebih ekonomis sehingga setiap petani mampu membeli pupuk cair dari tiens. terimakasih atas jawaban dari pihak tiens

    • 149

      Selamat siang pak Andri…

      Senang sekali membaca pertanyaan pak Andri yang begitu detail.
      Mohon maaf sebelumnya apakah anda sudah terdaftar sebagai distributor atau user?
      Saran kami jika belum segera ambil kesempatan ini pak. Jadi untuk 1 liter pupuk campurkan dengan 50 liter air. jangan menggunakan air pam. baca di halaman tiensgoldenharvest.co.cc
      Untuk 1 hektar cukup murah saya pikir hanya 2 liter saja. (Baiknya ikuti petunjuknya sesuai yang tertera dalam alat bantu) sehingga hasilnya memuaskan.

      Efek samping tidak ada pak, itu sudah dilakukan test di laboratorium independent. Bahwa tidak ada efek samping.
      Ukuran yang paling ekonomis cuman 1 liter. Saya pikir ini cukup murah. Ada keutungan lain juga berupa bonus jika terus menggunakan pupuk ini karena setiap pembelian itu diakumulasi jadi ada saatnya petani dapat bonus juga.

      sertifikatnya bisa dilihat disini sudah saya copykan.

      Yang pasti kami siap membantu.
      Ayo pak bangkitlah petani indonesia
      kalau tidak kita mulai kapan lagi…

    • 150

      surya said,

      selamat malam pak andri……
      untuk 1 liter pupuk campurkan dengan 50 liter air. Efek samping tidak ada pak, itu sudah dilakukan test di laboratorium independent. Bahwa tidak ada efek samping.
      Ukuran yang paling ekonomis cuman 1 liter. Saya pikir ini cukup murah. Ada keutungan lain juga berupa bonus dan selain pupuk pak2 bisa belanja kebutuhan sehari-hari d supermarket tiens…belanja disupermarket itu juga d akumulasi

  71. 151

    ikhrom said,

    TIENS GOLDEN HARVEST itu pupuk cuman buat palawija atau lain2 seperti sayur-mayur, trus kalau mau menggabung atau mendaftar member di mana dan sama siapa? mohon konfirmasi ke email saya. terima kasih.

    • 152

      Yth Bpk Ikhrom.

      Terimakasih atas email pak Ikhrom kepada kami. Senang sekali kami bisa memberikan sedikit penjelasan kepada pak Ikhrom.
      Jadi pupuk TGH ini bisa digunakan untuk apa saja yang bapak butuhkan. Jadi tidak ada pantangan pak Ikhrom.

      Senang sekali berkenalan dengan pak Ihrom karena begitu antusias dan semangat sekali. Silahkan pak daftar dengan Registrasi via SMS ke 0819-3370-3356 atau baca di sini untuk menjadi distributor.

      via SMS bisa ketik : Reg#NamaLengkap#No.KTP/SIM#TglLahir#AlamatLengkap#No.Hp
      kemudian lakukan pembayaran Adm sebesar Rp. 85.000,- (Delapan puluh lima ribu saja) ke Rekening kami :

      * BANK BCA A/C : 2200-333-040 A/N : ERIANTO SIMALANGO
      * BANK BNI A/C : 0077-871-741 A/N : ERIANTO SIMALANGO
      * BANK MANDIRI A/C : 108.00010808-04 A/N : ERIANTO SIMALANGO

      Atau bapak bisa daftar Online dengan klik Daftar Online

      Demikian, terimakasih

      selalu sms ke 0819-3370-3356 setipa melakukan transaki atau pengisian form di Daftar Online

      salam

  72. 153

    Yth. Mathias Mahendra

    Selamat siang pak Hendra, salam kenal dari saya Erianto Simalango (Eric).
    Senang berkenalan dengan bpk. Hendra terutama untuk berdiskusi atau sharing tentang pupuk Golden Harvest.

    Ya pak Hendra, mohon maaf sebelum saya menjawab pertanyaan pak Hendra, apakah sebelumnya pak Hendra sudah terdaftar sebagai user atau distributor Golden Harvest?

    Oh ya pak Hendra, kalau masalah penggunaan pada salak atau cengkeh sama saja (ada buku petunjuknya teknisnya). Intinya pupuk ini bisa disiramkan ke tanah. dengan cara membuat lobang 4 buah disekitar tanaman. Jaraknya bisa 1/2 meter dari tanamannya. Lihat akan yang paling banyak dan kalau bisa buat lobang di akar tersebut. Kemudian campurkan pupuk golden harvest 1 liter dengan 50liter air. Setelah diaduk inilah disiramkan ke lobang yang telah disediakan. Untuk pohon jati juta bisa.

    Sebelumnya mohon maaf tidak kami jelaskan secara rinci, ada baiknya kalau lengkap, bisa dibeli buku petunjuk teknisnya hanya Rp. 15ribu saja. Biasanya jika melakukan pembelian dan melakukan pendaftaran kami juga ada memberikan buku petunjuk teknis tapi tidak terlalu lengkap.

    Dapatkan harga Distributor hanya Rp. 90.000 jika terdaftar dan juga bonus (syarat ketentuan berlaku baca : http://www.tiensgoldenharvest.co.cc) keuntungan distributor / user

    Demikian, kami sampaikan mudah – mudahan bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan pak Hendra.

    salam
    eric

  73. 154

    Mathias Mahendra said,

    Perkenalkan saya Hendra dari Jogjakarta. Ingin tanya tentang salak, pohon jati dan cengkeh

    1. Bagaimana cara2 aplikasi dan langkah2 penggunaan Tiens Golden Harvest pada salak?
    2. Apakah pohon jati bisa diberi pupuk ini? Kalu bisa bagaimana langkah2nya?
    3. Bagaimana cara2 aplikasi dan langkah2 penggunaan Tiens Golden Harvest pada cengkeh?

  74. 155

    Mathias Mahendra said,

    Perkenalkan saya Hendra dari Jogjakarta. Ingin tanya tentang kelapa swit Pak.

    1. Siapa sajakah tim peneliti untuk kelapa sawit sendiri? Kalau boleh,bisakah saya mendapatkan nomor telepon contact personnya?
    2. Apakah pupuk itu sudah teruji khusus untuk kelapa sawit? Kalau sudah,bagaimana caranya supaya saya bisa tahu bukti2nya?
    3. Apakah pupuk itu sudah masuk IOPRI dan PUSLIT?


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: