Jaringan atau Network

Kenapa Golden Harvest Harus di Distribusikan dengan Jaringan?

….. ketika negeri ini berada dalam cengkraman Order Baru, prestasinya pernah membanggakan, berhasil swasembada beras, 1986. Sayangnya kebanggaan itu, suburnya negeri ini, tidak berlajut lama.

Lantas pertanyaannya apa resep keberhasilan dengan kisah M.Yunus dan Bank Grameennya, menggunakan sistem jaringan. “Waktu itu, semua sarana pertanian dan kebutuhan petani, diperdagangkan melalui, “jaringan(Network) tertutup “lewat Koperasi Unit Desa (KUD)”, jelas Amal Algozhali, Ketua Penanggungjawab Ketahanan Pangan & Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Dengan jaringan itu, otomatis semua kebutuhan petani dipenuhi oleh Koperasi, entah itu jaminan supply yang tepat, tepat dosis, tepat mutu dan tepat harga. Petani juga tidak kesulitan pupuk, bibit dan permodalan. Lewat cara ini “Jaringan tertutup”, mata rantai pekerjaan menjadi pendek, sehingga tidak adalagi kesempatan tengkulak bermain. Sayang aturan main yang mensejahterakan petani ini, tidak dipertahankan dalam era reformasi, dibelokkan menjadi perdagangan bebas.

Jika KUD diberi kewenangan mendistribusikan pupuk lewat “Jaringan Tertutup”, maka cerita penyelewengan terserbut tidak akan terjadi. Alasannya selain disubsidi, Koperasi akan terus dikejar oleh anggotanya bila pupuk menjadi langka.

Kendati namanya berbeda, Koperasi dan Network marketing, punya kemiripan. Keduanya tidak ada pemegang saham mayoritas, punya anggota yang banyak, saling bekerjasama untuk saling mensejahterakan. “Jadi saya pikir, substansinya sama, memberikan kesejahteraan bagi anggota” jelas Amal Algozhali.

Karena luasnya Indonesia, ditambah permintaan yang terbilang tinggi, sebuah inovasi dilakukan, mengingat kesuksesan swasembada beras dengan “Jaringan Tertutup” lewat KUD, membuat semangatnya menggebu untuk “merger” dengan Network Marketing. Alasannya, sistem ini dapat mempersingkat “Mata Rantai” distribusi, sehingga tepat waktu, tepat mutu, tepat supply kepada konsumen, khususnya para petani.

sumber : Bisnis Plus Edisi 24

“A Network Marketing business is a new and revolutionary way to achieve wealth. A Network Marketing system- a system I often call a personal franchise (or an invisible big business network)- is a very democratic way of wealth creation.”

Robert Kiyosaki
The Business School, for People Who Like Helping Other People.
Best-selling author of the Rich Dad series of books.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: