Sawit : Produksi TBS (Tandan Buah Segar) naik 20-30%

Setelah memakai TGH pada tumbuhan sawit perubahan akan kita lihat secara bertahap tergantung bagaimana unsur hara dan pohon sawit dalam menyerap.

Masa Pembibitan
Pembibitan Bibit
Pada masa pembibitan, biasanya dalam 1-2 bulan sudah kelihatan perbedaannya. TGH diberikan setiap 10hari sekali sampai dengan bibit berusia 16 bulan. Pada bulan ketiga bisa terlihat bibit yang dikembangkan dengan TGH akan tumbuh lebih cepat dan lebih sehat. Sedangkan pada pohon sawit yang sudah tua karena pemupukannya dilakukan 2 atau 3 bulan sekali, maka perubahannya terlihat bertahap.

Masa 10 tahun
Jika TGH diaplikasikan pada tanaman sawit yang sudah berusia 10tahun, maka kita akan melakukan aplikasi setiap 3 bulan atau 4 bulan sekali, dimana untuk 1 hektar membutuhkan 3 liter pupuk TGH, lalu 3 hari kemudian diberi pupuk kimia 50% dari biasanya. Efek dari pemupukan TGH akan sangat berfariasi, tergantung kelengkapan unsur hara dalam tanah dan respon tanaman. Ada yang 7 hari sudah terlihat perbedaannya dari warna daun dan ada juga setelah 2 minggu sampai satu bulan baru terlihat. Produksi tandan buah segar (TBS) akan meningkat 20-30%. Ngak percaya? Coba saja 1 hektar.

Banyak pertanyaan yang menyebutkan APAKAH TGH BISA TANPA PUPUK KIMIA?
Jawabanny bisa… tapi ini untuk keadaan darurat. Untuk pemupukan 2-3 kali pemupukan ini tidak apa-apa, tapi jangan sampai tidak sama-sekali.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    sembara said,

    Saya pingin mencoba TGH, bagaimana cara nya dan kalo beli pupuk TGH berapa harga nya. TGH ini sudah di pakai di kebun mana saja dan berapa luas nya

    • 2

      pak Ik_wahyudi…
      terimakasih karena anda punya keinginan untuk mencoba, Untuk kebunnya saya tdk bisa sebutkan lagi pak karena sudah banyak sekali. Belum tentu semua orang mau memberikan informasinya ke Internet. Kebetulan saya maunya memperluas jaringan usaha diseluruh Indonesia makanya saya buatkan webnya. Tapi saya pikir bapak silahkan lihat di google ketikkan Tiens GOlden Harvest pasti banyak. Untuk harga sama rata diseluruh Indonesia Rp. 90.000,-/liter untuk distributor.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: